Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SD Negeri 2 Ponowaren
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : V/1
Alokasi Waktu
: 2 × 35 menit ( 1 x pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
II.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menghitung luas daerah trapesium dan layang-layang.
III.
Indikator
3.1.1 Menemukan
rumus luas bangun datar trapesium dengan memanfaatkan rumus luas persegi
panjang. (Kognitif)
3.1.2 Menyusun potongan bangun trapesium menjadi persegi
panjang.
(Psikomotor)
3.1.3 Menanggapi hasil kerja
kelompok lain. (Afektif)
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui diskusi kelompok
yang disertai dengan penjelasan guru, siswa dapat menemukan luas daerah
trapesium dengan memanfaatkan luas persegi panjang dengan benar. (Kognitif)
2. Melalui demonstrasi guru siswa
dapat menyusun bangun trapesium menjadi persegi panjang dengan tepat. (Psikomotor)
3. Melalui Tanya jawab siswa
dapat menanggapi hasil kerja kelompok lain. (Afektif)
V.
Dampak
Pengiring
Setelah
selesai mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu menghitung luas suatu
benda atau wilayah yang berbentuk trapesium dalam kehidupan sehari-hari yang
dihadapi.
VI . Materi
Pembelajaran
Menghitung luas daerah trapesium
Luas Daerah Bangun Datar Trapesium
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
4
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
1
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
Luas trapesium
Diketahui
Sisi sejajar = 8 dan 4 satuan
Tinggi
= 4 satuan
L = ½ x Jml
sisi sejajar x tinggi
L =
x ( 8 + 4 ) x 4
L =
x 12 x 4
L = 6 x 4
L = 24
Jadi luas trapesium adalah 24
satuan
Atau dapat dihitung dengan cara dibalik seperti dibawah ini
Diketahui
Sisi
sejajar = 4 dan 8 satuan
Sisi
tinggi =
4 satuan
L = Jumlah
sisi sejajar x ½ tinggi
L = ( 4 + 8 ) x 2
L = 12 x 2
L = 24
VII. Metode dan
Model Pembelajaran
1. Metode :Ceramah bervariasi,
demonstrasi,tanya
jawab,
diskusi kelompok, pemberian tugas
2. Model Pembelajaran : Quantum (TANDUR)
VIII. Langkah
Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan
|
Metode dan Ket. Model
|
Nilai Karakter
|
Pendahuluan
(± 10menit)
A. Pra KBM
B. Kegiatan
Awal
1. Motivasi
2. Apersepsi
|
1.Mengucapkan salam
2.Mengkondisikan siswa
3.Presensi
1.Guru menggambar sebuah atap rumah di papan
tulis.
1.Tanya jawab dengan siswa
“Anak-anak, bangun datar apa saja yang kamu lihat
pada gambar teersebut? Apa alasanmu?”
2. Penyampaian tujuan
pembelajaran
|
Pengamatan
Tanya Jawab
(Tumbuhkan)
|
Budaya santun
Tertib
Disiplin
Menyampaikan pendapat
|
Kegiatan Inti
(± 55menit)
A. Eksplorasi
B. Elaborasi
C. Konfirmasi
|
1) Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
mengenai benda yang berbentuk trapesium.
2) Siswa ditugasi untuk menggambar bangun trapesium
di buku masing-masing.
3) Siswa mengidentifikasi bangun trapesium.
1)
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok, masing-masing kelompok 4 orang.
2)
Setiap
kelompok mendapatkan Kertas berpetak yang berbentuk Trapesium.
3)
Setiap
siswa mendapatkan Lembar Kerja Siswa (LKS)
4)
Guru
membimbing diskusi siswa untuk menemukan rumus luas daerah trapesium.
5)
Siswa
memperhatikan demonstrasi guru menemukan luas daerah trapesium.
6)
Masing-masing kelompok
berdiskusi untuk menemukan rumus luas
trapesium.
7)
Masing-masing kelompok berdiskusi,
menyelesaikan soal latihan.
8)
Anggota kelompok yang
sudah menguasai materi, menjelaskan kepada anggota kelompoknya yang belum
faham.
9) Perwakilan masing-masing kelompok mengerjakan soal latihan di papan tulis dan
menyanyikan lagu “Luas Trapesium” gubahan lagu menanam jagung.
1) Guru bersama-sama
siswa mengevalusi hasil kerja siswa yang
dikerjakan di papan tulis.
2) Memberikan penghargaan jawaban yang benar dan
memberikan penguatan.
3) Guru bertanya jawab kepada siswa tentang hal-hal
yang belum diketahui/ belum
jelas.
|
Tanya
Jawab
Penugasan
(Alami)
(Namai)
Penugasan
(Demonstrasikan)
(Namai)
Diskusi
Diskusi
(Ulangi)
(Rayakan)
(Ulangi)
(Rayakan)
Tanya Jawab
|
Menyampaikan pendapat
Tanggung Jawab
Disiplin
Tanggung jawab
Respect
Respect
Kerjasama
Kerjasama
Kerjasama
Tanggung jawab
Kerjasama
|
Penutup
(± 15menit)
|
1)
Guru dan Siswa membuat
kesimpulan.
2)
Siswa mengerjakan
evaluasi.
3)
Pemberian tindak lanjut.
|
Ceramah
Penugasan
|
Tanggung Jawab
|
IX. Alat dan Sumber Belajar
a. Media : Kertas berpetak, gunting, LKS
b. Sumber belajar :
Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5 untuk kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Depdiknas. (Halaman: 71-74)
Soenarjo. 2007. Matematika 5 untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.
(Halaman: 97-98)
X.
Penilaian
a). Prosedur :
Penilaian proses,tes akhir
b). Jenis tes : Tertulis
c). Bentuk tes : Obyektif
d). Alat tes : Soal,
kunci jawaban,lembar kerja,kriteria penilaian
Soal tes uji kompetensi
Hitunglah luas bangun datar dibawah ini !
6 cm
|
12 cm
b) 8 cm
4 cm
10 cm
c ) 9 cm
6 cm
13 cm
d ). 11 cm
4 cm
8 cm
e). 5 cm
4 cm
9 cm
9
cm
Kunci Jawaban :
a) . L = ( 8+ 12) x 3
= 20 x 3
= 60 cm2
b) . L =
( 10+ 8 ) x 2
= 18 x 2
= 36 cm2
c) . L
= ( 13+ 9 ) x 3
= 21 x 3
= 63 cm2
d) L =
( 11+ 8 ) x 2
=
19 x 2
= 38 cm2
e) L = ( 9 + 5 ) x 2
= 14 x 2
= 28
Teknik Penskoran
Jumlah
jawaban benar
|
Jumlah soal
|
NA = x 100
Surakarta, Novepember
2011
Mengetahui
|
|
Guru
Pamong
|
Mahasiswa/Pratikan
|
Ardiati,
S.Pd
NIP. 19631014 198508 2 005
|
Sudarsono
NIM. X7110040
|
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete