RENCANA PELAKSANAKANA PEMBELAJARAN
Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : IV/ 2
Alokasi Waktu : 4x35 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami sejarah, kenampakan alam,
dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
II. KOMPETENSI DASAR
1.2. Mendeskripsikan kenampakan
alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial serta
budaya.
III. INDIKATOR
1. Menyebutkan macam-macam
kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar
2. Menjelaskan sebab-sebab
terjadinya beberapa gejala alam.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Melalui kegiatan tanya jawab dan
pengamatan media gambar siswa dapat menyebutkan macam-macam kenampakan alam
yang ada di lingkungan sekitar dengan baik.
2.Melalui kegiatan diskusi
kelompok siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam yang ada di lingkungan
sekitar dengan baik.
3.Melalui kegiatan diskusi
kelompok dan kegiatan inquiri siswa dapat menjelaskan sebab-sebab terjadinya
beberapa gejala alam dengan tepat.
V. DAMPAK
PENGIRING
1. Siswa dapat mengetahui dan
menunjukkan kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitarnya
2. Siswa dapat sebab-sebab
terjadinya gejala alam yang sering terjadi di lingkungan sekitar.
3. Siswa dapat mengetahui cara
untuk mengantisipasi gejala alam yang terjadi.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
Kenampakan Alam
a. Gunung
Gunung dapat dikelompokkan
menjadi dua jenis, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. Gunung berapi
maupun gunung tidak berapi dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan
perkebunan, rekreasi, maupun kegiatan olah raga pendakian.
- Dataran Tinggi
Dataran tinggi ialah
daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter diatas permukaan
laut. Daerah ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan, namun
dataran tinggi paling sering digunakan untuk perkebunan karena tanahnya cukup
baik untuk menenam jenis sayuran dan buah-buahan.
c. Dataran Rendah
Dataran rendah adalah
bagian dari daratan yang datar dengan ketinggian antara 0-200 meter diatas
permukaan laut. Daerah dataran rendah umumnya terdapat di pesisir
pantai. Dataran rendah banyak dimanfaatkan manusia untuk keperluan pertanian,
perumahan, industri, perkebunan tebu dan perkebunan kelapa.
d. Pantai
Pantai
adalah bagian dari daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Negara kita
yang terdiri atas pulau besar dan kecil, sehingga memiliki banyak pantai. Pantai itu
ada yang terjal dan ada pula yang landai. Pantai yang landai pada umumnya
dimanfaatkan untuk daerah tujuan wisata. Wisatawan yang datang ke tempat tujuan
wisata pantai, bisa berasal dari dalam negeri dan juga luar negeri. Wisatawan
yang berasal dari dalam negeri disebut wisatawan Domestik, sedangkan wisatawan
dari luar negeri disebut Wisatawan Mancanegara.
e.
Pegunungan
Pegunungan adalah bagian dari daratan yang
bergunung-gunung dengan ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut.
Daerah pegunungan banyak dimanfaatkan untuk tempat rekreasi atau
peristirahatan. Selain itu daerah pegunungan juga sangat baik untuk kegiatan
holtikultura. Tanaman jenis holtikultura adalah tanaman sayur-sayuran dan
buah-buahan.
- Sungai
Sungai yang ada di Indonesia ada yang besar dan ada
pula yang kecil.Sungai-sungai besar pada umumnya terdapat di pulau-pulau besar,
seperti Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Irian.
Sungai-sungai di Pulau Kalimantan umunya dijadikan sarana transportasi. Sungai
juga bisa menjadi sarana perdagangan. Sungai-sungai di Kalimantan merupakan
salah satu sungai yang digunakan untuk pasar terapung.
- Danau
Danau adalah genangan air yang amat luas yang
dikelilingi daratan. Ada dua jenis danau yaitu danau buatan dan danau alami. Di
daerah tertentu, danau digunakan untuk tempat rekreasi. Seperti halnya sungai,
danau ada yang besar, ada pula yang kecil. Danau terbesar di Pulau Sumatera
adalah Danau Toba, yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Di tengah Danau
Toba terdapat sebuah pulau yang disebut Pulau Samosir.
h. Selat
Selat
adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Sebagai
negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali selat. Selat-selat yang ada
di Indonesia menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya
VII. METODE DAN MODEL PEBELAJARAN
A.
Metode
1.
Diskusi kelompok kecil
2.
Tanya jawab
3.
Inquiri
4.
Ceramah
5.
Pemberian tugas
B.
Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe GI
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Pra
kegiatan:
a. Salam
dan do’a
b. Absensi
c. Pemberian
motivasi
Kegiatan awal:
a. Apersepsi
:
Pernahkah kamu mendengar orang menyebut bentang alam?
Tentu pernah bukan? Bentang alam disebut juga kenampakan alam. Namun, sebelum
membahas lebih lanjut mengenai bentang alam, sebaiknya kamu amati dahulu
gambar ini (guru memperlihatkan media gambar bentang alam) Sekarang sebutkan
kenampakan alam apa saja yang dapat kamu amati dari gambar ini?
b. Penyampaian
tujuan pembelajaran
|
±5
menit
±15
menit
|
Tanya
jawab
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1)
Siswa melakukan tanya jawab
untuk menyebutkan kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar
2)
Beberapa siswa maju ke depan
untuk menunjukkan gambar kenampakan alam yang disebutkan guru(misal : gunung,
dataran tinggi,pantai,sungai, dan danau )
b. Elaborasi
1) Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok heterogen @ kelompok terdiri dari 5 orang siswa.
2)
Masing-masing kelompok memperoleh satu gambar kenampakan alam.
3)
Siswa dengan bimbingan guru
merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya, masing-masing kelompok
membuat paling sedikit 3 pertanyaan.
4)
Siswa dengan bimbingan guru
mempersiapkan investigasi terhadap pertanyaan yang telah dirumuskan
sebelumnya
5)
Siswa menyiapkan bahan untuk
melakukan investigasi permasalahan (baik dari buku, majalah, atau koran)
6) Siswa
mendiskusikan jawaban atas permasalahan. Kontribusi dari masing-masing siswa
dalam kelompok sangat dibutuhkan.
7)
Siswa membuat kesimpulan dari
tiap-tiap jawaban permasalahan
8)
Siswa mempersiapkan laporan
kelompok yang akan dipresentasikan
9) Siswa
mempersiapkan bahan dan perlengkapan serta mengorganisasikan presentasi
kelompoknya agar berjalan dengan baik dan menarik
10) Setiap
kelompok secara bergantian maju ke depan untuk mempresentasikan laporan
kelompoknya
11) Siswa
dari kelompok lain mengajukan pertanyaan atas materi kelompok yang baru saja
melakukan presentasi
c. Konfirmasi
1)
Siswa dan guru bersama-sama
mengevaluasi (mengomentari, memberi kritik dan saran) terhadap penampilan dan
materi laporan masing-masing kelompok
2)
Siswa diberi kesempatan untuk
mengungkapkan perilaku yang dapat dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran
tentang kenampakan alam
3)
Siswa bertanya pada guru tentang
materi yang kurang jelas
4)
Pemberian penguatan
|
±
30 menit
±55
menit
±15
menit
|
Tanya
jawab
Ceramah
Pemberian
tugas
Diskusi
kelompok kecil
Inquiri
Tanya
jawab
Ceramah
|
|
Penutup
1)
Siswa dan guru bersama-sama
mengambil kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilalui
2)
Pemberian evaluasi berkaitan
materi kenampakan alam.
3)
Pemberian Tindak Lanjut
|
±20
menit
|
Pemberian
tugas
|
IX. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
A.
Media
1.
Gambar kenampakan alam, seperti
(gunung, dataran tinggi, pantai, danau, atau sungai)
B.
Sumber Belajar
1.
Ilmu Pengetahuan Sosial untuk
SD/MI Kelas 4, Penerbit Pusat Pembukuan Depdiknas
2.
IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar
Kelas IV, Penerbit Erlangga
X. PENILAIAN
A. Prosedur Tes :
1. Tes awal
: tidak ada
2. Tes dalam proses : ada
3. Tes akhir : ada
B. Jenis Tes :
1. Tes
tertulis
2. Tes
perbuatan
C. Bentuk Tes :
1. Uraian
2. Pengamatan dalam proses
D. Alat Tes :
1. Lembar Pengamatan
2. LKS
3.Soal
4. Penskoran dan Penilaian
Mengetahui, Surakarta, 15 Maret 2011
Dosen Mata Kuliah IPS
Praktikan,
Hadiyah, S.Pd, M.Pd
LAMPIRAN
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi
Ajar : Kenampakan Alam
Kelas/
semester : IV/1
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Diamati
|
Jumlah
Skor
|
||||||||
Kerjasama
|
Keantusiasan
|
Kontribusi
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1 : kurang
2 :
cukup
3 : baik
LKS KELOMPOK GUNUNG
1.
Amatilah gambar kenampakan alam yang
telah kamu dapatkan!
2.
Buatlah daftar pertanyaan yang
ingin kamu ketahui jawabannya tentang kenampakan alam tersebut (paling sedikit
3 pertanyaan). Sebagai contoh :
a.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
gunung?
b.
Sebut dan jelaskan 2 penggolongan
jenis gunung!
c.
Jelaskan peristiwa terjadinya gunung meletus!
3.
Carilah jawaban atas pertanyaan
kelompokmu pada berbagai sumber (buku, majalah, atau koran)!
4.
Persiapkan laporan presentasinya!
5.
Persiapkan perlengkapan yang
dibutuhkan untuk presentasi yang menarik!
6.
Presentasikan laporan hasil
diskusi kelompokmu pdi depan kelas!
LKS KELOMPOK SUNGAI
1.
Amatilah gambar kenampakan alam
yang telah kamu dapatkan!
2.
Buatlah daftar pertanyaan yang
ingin kamu ketahui jawabannya tentang kenampakan alam tersebut (paling sedikit
3 pertanyaan). Sebagai contoh :
a.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
sungai?
b.
Sebutkan nama sungai yang ada di
sekitarmu!
c.
Jelaskan peristiwa terjadinya banjir!
3.
Carilah jawaban atas pertanyaan
kelompokmu pada berbagai sumber (buku, majalah, atau koran)!
4.
Persiapkan laporan presentasinya!
5.
Persiapkan perlengkapan yang
dibutuhkan untuk presentasi yang menarik!
6.
Presentasikan laporan hasil
diskusi kelompokmu pdi depan kelas!
LKS KELOMPOK DATARAN TINGGI
1.
Amatilah gambar kenampakan alam
yang telah kamu dapatkan!
2.
Buatlah daftar pertanyaan yang
ingin kamu ketahui jawabannya tentang kenampakan alam tersebut (paling sedikit
3 pertanyaan). Sebagai contoh :
a.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
dataran tinggi?
b.
Sebutkan dataran tinggi yang kamu
ketahui!
c.
Sebutkan manfaat dari dataran
tinggi!
3.
Carilah jawaban atas pertanyaan
kelompokmu pada berbagai sumber (buku, majalah, atau koran)!
4.
Persiapkan laporan presentasinya!
5.
Persiapkan perlengkapan yang
dibutuhkan untuk presentasi yang menarik!
6.
Presentasikan laporan hasil diskusi
kelompokmu pdi depan kelas!
LKS KELOMPOK DANAU
1.
Amatilah gambar kenampakan alam
yang telah kamu dapatkan!
2.
Buatlah daftar pertanyaan yang
ingin kamu ketahui jawabannya tentang kenampakan alam tersebut (paling sedikit
3 pertanyaan). Sebagai contoh :
a.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
danau?
b.
Sebutkan danau yang ada di
Indonesia!
c.
Jelaskan peristiwa terjadinya danau!
3.
Carilah jawaban atas pertanyaan
kelompokmu pada berbagai sumber (buku, majalah, atau koran)!
4.
Persiapkan laporan presentasinya!
5.
Persiapkan perlengkapan yang
dibutuhkan untuk presentasi yang menarik!
6.
Presentasikan laporan hasil
diskusi kelompokmu pdi depan kelas!
LKS KELOMPOK PANTAI
1.
Amatilah gambar kenampakan alam
yang telah kamu dapatkan!
2.
Buatlah daftar pertanyaan yang
ingin kamu ketahui jawabannya tentang kenampakan alam tersebut (paling sedikit
3 pertanyaan). Sebagai contoh :
a.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
pantai?
b.
Sebutkan nama pantai yang ada di
Indonesia!
c.
Sebutkan manfaat pantai!
3.
Carilah jawaban atas pertanyaan
kelompokmu pada berbagai sumber (buku, majalah, atau koran)!
4.
Persiapkan laporan presentasinya!
5.
Persiapkan perlengkapan yang
dibutuhkan untuk presentasi yang menarik!
6.
Presentasikan laporan hasil
diskusi kelompokmu pdi depan kelas
SOAL
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Cairan panas yang keluar saat
gunung meletus disebut....
2.
Objek wisata Pantai Senggigi
terdapat di Provinsi....
3.
Sungai-sungai di Kalimantan pada
umunya digunakan sebagai....
4.
Pulau Bangka dan Belitung
dihubungkan oleh Selat....
5.
Danau buatan disebut juga....
6.
Salah satu penyebab utama banjir
adalah....
7.
Gunung Agung termasuk Gunung api
yang terdapat di pulau....
8.
Nama dataran tinggi yang terdapat
di Sulawesi Selatan adalah...
9.
Daerah dataran tinngi banyak
menghasilkan....
10.
Nama selat yang ditunjukkan dengan
huruf “X” pada peta adalah....
Kunci Jawaban
- Lava
- Nusa Tenggara Barat
- Transportasi dan perdagangan
- Selat Berhala
- Waduk
- Pembuangan sampah di sembarang tempat
- Bali
- Bone
- Sayuran dan buah-buahan
- Sunda
PENSKORAN
NILAI = × 100
No comments:
Post a Comment