LAPORAN
PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SMPN 4 KLATEN
PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SMPN 4 KLATEN
Disusun
Oleh:
NAMA : MARSONO
NIM :
016311802
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
TERBUKA
2011
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN
DI
PERPUSTAKAAN SMP N 4 KLATEN
Waktu
Pelaksanaan : 14 Maret – 20 April 2011
Disusun
Oleh :
NAMA
: MARSONO
NIM : 016311802
Klaten, 20 April 2011
Pembimbing Mahasiswa
Sri
Yudarminah, S.Pd. Marsono
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP N 4 Klaten
Agus
Ristanto,S.Pd. M.Pd
NIP
: 1964081119980210
HALAMAN
MOTTO
v Waton Isih Iso Tak Liwati Aku Ora Bakal
Mundur.
v Aja Rumangsa Bisa Nanging Bisaa
rumangsa.
v Wani Ngalah Luhur Wekasane.
v Perubahan Bukan Selalu Kemajuan.
v Semua Harapan dan Impian Tak Lepas
Dari Doa dan Usaha.
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja
Perpustakaan ini ku persembahkan untuk :
Ø Bapak
dan Ibu terkasih ....................
Ø Dindaku
dan Dindaku tercinta
....................
Ø Kakak
Adik Om Tante Budhe Pakde Simbah dan semua yang mendukungku
Ø Teman-teman
seperjuangan ...........
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ................................................................. ..................... i
HALAMAN PENGESAHAN
.............................................................. ......... ii
HALAMAN
MOTTO ........................................................................... ......... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN
.......................................... ........................... iv
KATA PENGANTAR......
........................................................... .................. v
DAFTAR ISI
............................................................................ ...................... vi
DAFTAR LAMPIRAN
.......................................................... ........................ vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ......................................................... .............. 1
B. Tujuan
Praktek Kerja Perpustakaan ................................. ...... 1
C. Sistematika
............................................................................ . 2
BAB II KEADAAN
PERPUSTAKAAN
A. Sejarah
Berdirinya .............................................................. ... 3
B. Gedung,Ruang
dan Perlengkapannya ............................. ....... 3
C. Koleksi
.................................................................... .............. 5
D. Sruktur
Organisasi ............................................................ ..... 5
E. Tenaga
............................................................................. ....... 6
F. Dana
................................................................................ ....... 7
G. Layanan
........................................................................ .......... 7
BAB
III MASALAH DAN PEMECAHANNYA
A. Masalah
........................................................................ .......... 8
B. Pemecahannya
.............................................................. ......... 8
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
............................................................. ............... 9
B. Saran
........................................................................... ........... 9
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 11
LAMPIRAN .................................................................................................... 12
DAFTAR
LAMPIRAN
1. Buku
Laporan Praktek Kerja Perpustakaan
2. Visi
Misi Perpustakaan
3. Tata
Tertib Perpuatakaan
4. Tata
Tertib Lab. Komputer
5. Ketentuan
Peminjaman
6. Daftar
Hadir
7. Foto
Copy kwitansi Pengadaan Bahan Pustaka
8. Foto
Copy kwitansi Pengolahan Bahan Pustaka
9. Foto
Copy Kwitansi Perbaikan Ruangan Perpustakaan
10. Contoh
Kartu Buku, Kartu Kembali Buku dan Label Buku
11. Denah
Perpustakaan
12. Daftar
Hadir Pengunjung
13. Daftar Inventaris Ruangan
14. Dokumentasi
Perpustakaan
15. Standar
Operasional Prosedur Kegiatan Perpustakaan
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa
memberikan berkat dan perlindungan, sehingga penulis dapat menyelesaikan
penulisan laporan praktek kerja perpustakaaan ini tanpa halangan yang berarti.
Laporan
praktek kerja perpustakaan yang juga sebagai tugas akhir dari pendidikan D2
perpustakaan ini dapat terselesaikan berkat bantuan, dorongan, perhatian, saran
dan kritik dari berbagai pihak. Oleh karena itu tidak berlebihan penulis
menyampaikan terima kasih yang setulusnya kepada :
1. Kepala
Sekolah SMP N 4 Klaten yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan
praktek.
2. Ibu
kepala perpustakaan SMP N 4 Klaten yang telah memberikan bimbingannya
3. Bapak
Ibu Dosen yang telah memberikan bantuan dan bimbingannya
4. Teman-teman
kelompok PKP yang selalu memberikan semangat
5. Orang
tua, istri, kakak, adik yang selalu memberikan dorongan dan bantuan
Penulis
menyadari laporan praktek kerja perpustakaan ini masih banyak kekurangan. Maka
dari itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.
Akhirnya
penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak yang
berkepentigan.
Klaten, April 2011
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Menjadi pustakawan yang profesional dan
berkwalitas adalah dambaan dan impian dari setiap mahasiswa D2 Perpustakaan.
Untuk menjadi seorang pustakawan yang profesional dan berkwalitas mahasiswa D2
Perpustakaan harus mempunyai standar kompetensi personal, sosial dan
profesional serta dapat menerapkannya pada saat menjadi pustakawan nanti.
Untuk memiliki standar kompetensi yang
dimaksud, mahasiswa perlu dibekali materi ilmu perpustakaan yang kompetitif, terutama
dalam hal pengadaan, pengolahan dan pelayanan bahan pustaka, serta pengalaman
untuk mengenal tugas-tugas pustakawan dan berperan langsung sebagai pustakawan
di suatu perpustakaan.
Dasar pemikiran inilah yang melandasi
perlunya diselenggarakan program Praktek Kerja Perpustakaan sebagai sarana
untuk menjadi mahasiswa D2 Perpustakaan agar mampu berperan sebagai pustakawan yang profesional dan berkualitas.
B.
TUJUAN
PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN
Tujuan diselenggarakanya program praktek
kerja perpustakaan bagi mahasiswa D2 perpustakaan adalah agar mahasiswa dapat :
1. Mengenal
secara langsung berbagai karakteristik komponen perpustakaan dan situasi
sebenarnya di perpustakaan.
2. Mampu
menjalankan 3 kegiatan utama di perpustakaan yang berupa pengadaan bahan
pustaka, pengolahan bahan pustaka, dan pelayanan bahan pustaka.
3. Menguasai
kemampuan segala jenis kegiatan pustakawan didalam ataupun diluar perpustakaan.
4. Berkomunikasi
dan berinteraksi secara baik dalam lingkungan perpustakaan.
5. Memahami
aspek-aspek lain yang diperlukan bagi pengembangan karir seorang pustakawan.
C.
SISTEMATIKA
Agar tidak menyimpang dari isi laporan dan
menurut suatu kerangka laporan yang ditentukan, maka penulisan laporan praktek
kerja perpustakaan ini menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :
Bab I
Pendahuluan
Bab ini mencakup latar belakang, tujuan
praktek kerja perpustakaan dan sistematika penulisan laporan.
Bab
II Keadaan Perpustakaan
Bab
ini berisikan tentang sejarah singkat, gedung, ruang dan perlengkapannya, koleksi,
struktur organisasi, tenaga, dana serta layanan.
Bab
III Masalah dan pemecahannya
Bab
ini berisikan tentang permasalahan yang dihadapi dan pemecahannya.
Bab
IV Penutup
Menjelaskan
tentang kesimpulan dan saran.
BAB
II
KEADAAN
PERPUSTAKAAN SMP N 4 KLATEN
A.
SEJARAH
BERDIRINYA
Perpustakaan SMP
N 4 Klaten dalam perkembangannya tidak terlepas dari badan induknya, baik dari
segi fisik maupun dalam mengikuti perkembangan kemajuan ilmu pegetahuan dan teknologi
saat ini. Perpustakaan yang merupakan salah satu dari perkembangan tersebut
didirikan pada tahun 1989.
Perpustakaan
degan luas 12 x 7 meter yang dibangun di atas luas tanah sekolahan yang
seluruhnya mencapai kurang lebih 10000 meter persegi dan berada di lingkungan
pendidikan kota Klaten itu sangat strategis. Mudah diakses dari berbagai sudut
sekolahan maupun dari luar karena berada di pinggir jalan.
Batas-batas wilayah
SMP N 4 Klaten yaitu, sebelah barat dan selatan SMK N 1 Klaten, sebelah timur
sungai dan sebelah barat SMP Pangudiluhur Klaten.
Berkembangnya
perpustakaan sekolah sangat berkaitan erat dengan perkembangan sekolah itu
sendiri. Demikian puka dengan berkembangnya unit perpustakaan SMP N 4 Klaten.
B.
GEDUNG,
RUANG DAN PERLENGKAPANNYA
1. Gedung.
Gedung
perpustakaan SMP N 4 Klaten yang berdiri sejak
22 tahun yang lalu memang tergolong sudah tua dan bangunanya tampak
sudah rapuh. Untuk itu SMP N 4 Klaten saat ini berencana untuk membangun gedung
perpustakaan yang baru guna untuk menigkatkan mutu layanan perpustakaan.
Gedung
perpustakaan yang berukuran 12 x 7 meter itu meskipun sudah tua tetapi masih
tampak rapi dan bersih karena perawatan yang rutin. Gedung perpustakaan itu
sebenarnya masih jauh dari standar untuk ukuran SMP yang mempunyai jumlah siswa
810 siswa. Standar ukuran luas perpustakaan untuk SMP yang mempunyai siswa 810
adalah 300 meter persegi yang termasuk dalam tipe B.
2.
Ruang
Ruangan SMP N 4 Klaten meskipun tidak luas
namun lengkap. Yang terdapat dalam ruangan perpustakaan diantaranya :
a. Ruang
koleksi
b. Ruang
layanan sirkulasi
c. Ruang
belajar kelompok
d. Ruang
baca sendiri
e. Ruag
komputer
f. Gudang
Penataan ruangan menggunakan tata baur, dimana
penataan ruang perpustakaan penempatan koleksinya bercampur dengan meja baca.
Tujuannya adalah agar pembaca lebih mudah mengambil koleksi dan mengembalikan koleksi
tersebut sendiri ke tempatnya semula.
3.
Sarana perlengkapan
Sarana
di perpustakaan meliputi :
a. Perabot
perpustakaan
Perabot adalah barang-barang yang
berfungsi sebagai wadah atau wahana penunjang kegiatan-kegiatan perpustakaan.
Perabot yang dimiliki SMP N 4 Klaten diantaranya meja belajar kelompok, meja
baca sendiri, meja ruang sirkulasi, meja komputer, kursi, rak buku, lemari
buku, rak katalog, rak koran dan rak televisi.
b. Perlengkapan
perpustakaan
Perlengkapan perpustakaan adalah
barang-barang yang digunakan untuk kegiatan perpustakaan. Peralatan yang
dimiliki SMP N 4 Klaten yaitu komputer, mesin scanner, televisi, kartu katalog,
kartu buku, printer dan pesawat telepon.
C.
KOLEKSI
Koleksi yang
dimiliki perpustakaan SMP N 4 Klaten ada 2 macam, yaitu koleksi tercetak dan
non cetak. Untuk koleksi tercetak ada buku, terbitan berseri, peta, gambar,
kliping dan karya tulis. Untuk bahan non cetak adalah audio visual yaitu CD.
Untuk data
selama perpustakaan didirikan sampai dengan saat ini, jumlah koleksi yang
dimiliki perpustakaan 24.744 eksemplar dari 3.435 buah judul, yang terdiri dari
bahan cetak maupun noncetak. Namun dari pada itu banyak koleksi yang sudah
rusak dan tidak terpakai lagi. Data yang ada selama ini adalah sebagai berikut
:
No.
|
Nama koleksi
|
Banyak judul
|
Jumlah eksemplar
|
1.
|
Buku
non fiksi
|
727
|
13.881
|
2.
|
Buku
fiksi
|
2.617
|
10.500
|
3.
|
Buku
referensi
|
75
|
245
|
4.
|
Surat
kabar
|
4
|
20
|
5.
|
Kliping
|
5
|
40
|
6.
|
Karya
tulis
|
8
|
40
|
7.
|
Peta
|
4
|
20
|
8.
|
Audio
visual
|
2
|
8
|
D.
STRUKTUR
ORGANISASI
Stuktur
organisasi adalah struktur yang mempunyai suatu sistem yang digunakan untuk
membentuk aktivitas-aktivitas serta pelaksana program guna mencapai tujuan
suatu organisasi.
Struktur
organisasi dibuat untuk mengkoordinasi suatu aktivitas dalam kurun waktu
tertentu baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
STRUKTUR
ORGANISASI
PENGELOLA
PERPUSTAKAAN
SMP
NEGERI 4 KLATEN
E.
TENAGA
Perpustakaan SMP N 4 Klaten saat ini masih
kekurangan tenaga dalam pengelolaan perpustakaan. Perpustakaan hanya memiliki 2
staf tenaga kerja, disamping itu pengelola tersebut masih mempunyai tugas untuk
mengajar di kelas. Petugas pegelola perpustakaan saat ini adalah :
1.
Ibu Sri Yudarminah, S. Pd. (kepala
perpustakaan), yang bertugas :
a. Bersama
dengan Kepala Sekolah membina dan mengembangkan perpustakaan.
b. Mengkoordinasi
semua petugas perpustakaan.
c. Mengawasi
dan memantau segala aktivitas dan kegiatan dalam perpustakaan.
d. Menjalin kerja sama atau hubungan dengan
berbagai pihak di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
2.
Fitri Kurniasary, S.Pd. (petugas
perpustakaan), yang bertugas :
a. Bagian
sirkulasi yaitu melayani peminjaman dan pegembalian koleksi.
b. Pelayanan
rujukan atau pelayanan informasi.
c. Pelayanan
bimbingan pemakai.
d. Segala
kegiatan tulis menulis dalam keanggotaan perpustakaan.
F.
DANA
Dana
perpustakaan SMP N 4 Klaten berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dari
daerah dan anggaran dari sekolah itu sendiri yang sebagian besar berasal dari
sumbangan wali murid.
Berdasarkan dari
ke tiga sumber dana yang tidak menentu tersebut, masih belum cukup untuk
membuat perpustakaan menjadi maju dan berkualitas yang mampu mengikuti kemajuan
tekhnologi yang semakin hari semakin pesat.
G.
LAYANAN
Layanan yang
digunakan di SMP N 4 Klaten mengunakan layanan terbuka, dimana pengguna perpustakaan
dipersilahkan masuk ke ruang koleksi perpustakaan dan memilih bahan pustaka
yang mereka minati.
Layanan ini
digunakan untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam memilih koleksi yang
dicari. Perpustakaan menggunakan layanan ini dikarenakan juga kurangnya tenaga
pengelola di perpustakaan tersebut.
Kurangnya tenaga
dalam perpustakaan membuat layanan kurang begitu tertib. Untuk menjaga
kekurangan tersebut saat ini dibuat Standar Operasional Prosedur tentang
penggunaan perpustakaan.
BAB III
MASALAH DAN
PEMECAHANNYA
A. MASALAH
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja
Perpustakaan ini penulis masih menemukan berbagai hambatan-hambatan yang mengurangi
kelancaran jalannya praktek, diantaranya :
1. Para
siswa jarang berkunjung ke perpustakaan untuk peminjaman koleksi melainkan
hanya untuk mengunakan fasilitas internet yang semata-mata hanya untuk
bermain-main. Hal ini akibat dari kurangnya kesadaran siswa terhadap arti
pentingnya perpustakaan di sekolah.
2. Koleksi
buku untuk saat ini didominasi oleh buku-buku paket pelajaran.
3. Para
siswa merasa tidak nyaman untuk membaca buku ataupun belajar di perpustakaan
karena kurang nyamannya perpustakaan dan ruangan baca.
4. Kurnag
rapinya sistem peminjaman karena kurangnya ketenaga kerjaan di perpustakaan.
5. Masih
banyaknya kenakalan siswa yang mencorat coret atau merusak buku yang
dipinjamnya.
6. Kurangnya
rak untuk koleksi.
B. PEMECAHANNYA
Untuk mendapatkan kelancaran dalam praktek
maka penulis harus berusaha mengatasi hambatan-hambatan tersebut, antara lain :
1. Untuk
mengatasi kurangnya minat baca dan kenakalan pada siswa diadakan pembinaan
minat baca.
2. Mengadakan
pembelian koleksi buku fiksi
3. Membuat
meja belajar kelompok, membuat hiasan-hiasan dinding dan memberikan pot-pot
bunga yang bisa meningkatkan keindahan, kenyamanan dan kejukan ruangan
perpustakaan.
4. Membuat
Standar Operasonal Prosedur dalam penggunaan perpustakaan.
5. Perbaikan
rak yang rusak untuk digunakan kembali.
BAB
IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari
serangkaian praktek kerja perpustakaan berlangsung penulis dapat menyimpulkan :
1.
Pelaksanaan praktek di perpustakaan SMP
N 4 Klaten dapat berjalan dengan baik dan lancar.
2.
Pratek kerja perpustakaan yang meliputi
3 kegiatan utama yaitu pengadaan, pengolahan dan pelayanan bahan pustaka dapat
berjalan dengan baik.
3.
Dengan adanya praktek kerja perpustakaan,
penulis dapat berlatih menjadi pustakawan.
4.
Kegiatan praktek ini sangat membantu
penulis dalam menjalankan tugas pustakawan dimasa yang akan datang.
B. SARAN
1.
Bagi universitas Terbuka.
a.
Pelaksanaan praktek hendaknya para mahasiswa disuruh mencari
sendiri dimana mereka akan praktek, sehingga mereka bisa mencari perpustakaan
yang bagus, modern dan kompetitif karena akan mempunyai kegiatan yang lengkap.
b.
Hendaknya praktek dilaksanakan setelah
tutorial semester 4 selesai sehingga tidak mengganggu jalannya tutorial.
c.
Lebih ditingkatkan lagi kerja sama
antara pihak pengelola praktek dengan perpustakaan tempat praktek.
2.
Bagi SMP N 4 Klaten tempat praktek.
a.
Dalam mengawasi jalannya praktek
hendaknnya pembibing selalu ada di perpustakaan sehingga jika terdapat
kesulitan-kesulitan dalam praktek selalu bisa langsung dipertanyakan dan
diselesaikan.
b.
Harus ada kerja sama yang baik antara
pihak sekolahan dan mahasiswa.
3.
Bagi dosen pembibing.
a.
Dosen pembibing seharusnya memonitoring
jalanya praktek.
b.
Dosen pembibing seharusnya mengontrol
jalannya praktek agar dapat memberikan dorongan tersendiri bagi mahasiswa yang
praktek.
4.
Bagi mahasiswa praktek yang akan datang.
a.
Hendaknya mengkonsultasikan terlebih
dahulu degan perpustakaan tempat praktek segala kegiatan dan persiapan yang
akan dilakukan.
b.
Jangan segan-segan untuk bertanya kepada
pembimbing apabila mengalami kesulitan.
Demikian
kesimpulan dan saran yang penulis kemukakan, semoga dapat memberikan kelancaran
dalam kegiatan praktek mahasiswa yang akan datang dan kemajuan perpustakaan SMP
N 4 Klaten.
DAFTAR PUSTAKA
Siti
Nuraini. 2010. Praktek Kerja Perpustakaan untuk Mahasiswa. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Abdulrahman
Saleh. 2010. Manajemen Perpustakaan. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Karmidi
Martoatmojo. 2009. Pelayanan Bahan
Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka.
Lasa,
Hs. 2002. Membina Perpustakaan Madrasah
dan Sekolah Islam.
Yogyakarta : Adicita.
Sulistia.
2009. Manajemen Perpustakaan Sekolah.
Jakarta : Universitas Terbuka.
No comments:
Post a Comment