22 February 2014
20 February 2014
Pembelajaran
| 06:23
Implementasi Teori Belajar Van Hiele dalam Pembelajaran Geometri
Dalam fase-fase pembelajaran model van Hiele, kegiatan belajar dimaksudkan untuk meningkatkan tahap berpikir siswa dari 0 (visualisasi) ke tahap 1 (analitik).
Ciri tahap Visualisasi:
Skema 1. Skema Segiempat
Ciri tahap Visualisasi:
- Siswa mengidentifikasi nama
- Memberi nama
- Membandingkan
- Mengoperasikan gambar-gambar goemetri.
- Siswa menganalisis bangun berdasarkan sifat-sifat dari komponen
- Menyusun sifat-sifat dari komponen dan hubungan antar komponen
- Menyusun sifat-sifat pada sebuah kelas bangun-bangun secara nyata
- Menggunakan sifat-sifat tersebut untuk memecahkan masalah
Teori yang
dikemukakan Van Hiele lebih sempit,karena hanya mengkhususkan pada pembelajaran
geometri. Agar topik-topik pada materi geometri dapat dipahami dengan baik,
anak dapat mempelajari topik-topik tersebut berdasarkan urutan tingkat
kesukarannya, dimulai dari tingkat kesukaran yang paling mudah sampai dengan
tingkat yang paling rumit dan kompleks.
Model pemahaman segi empat menurut Van Hiele
Model Pemahaman Segi Empat Van Hiele |
a. Persegi
1. Keempat
sisinya sama panjang
2. Keempat
sudutnya sama besar
b. Persegi panjang
1. Sisi
yang berhadapan sama panjang
2. Keempat
sudutnya sama besar
c. Belah ketupat
1. Keempat
sisinya sama panjang
2. Sudut
yang berhadapan sama panjang
d. Jajar genjang
1. Sisi
yang berhadapan sama panjang
2. Sudut yang
berhadapan sama besar
e. Trapesium
1. Satu
pasang sisi yang berhadapan sejajar.
f. Layang-layang
1. Dua
pasang sisi yang tidak berhadapan sama panjang
2. Satu
pasang sudut yang berhadapan sama besar.
Pembelajaran yang Dilaksanakan pada
Setiap Fase Pembelajaran
1. Aktivitas
yang dilaksanakan pada fase 1 (Informasi)
a. Dengan
memakai gambar bermacam-macam bangun segiempat, siswa diinstruksikan untuk memberi
nama masing-masing bangun.
b. Guru
mengenalkan kosa kata khusus, seperti: simetri lipat, simetri putar, sisi
berhadapan, sudut berhadapan, dan sisi sejajar.
c. Dengan
metode tanya jawab, guru menggali kemampuan awal siswa.
2. Aktivitas
yang dilaksanakan pada fase 2 (Orientasi)
1. Siswa
disuruh membuat suatu model bangun segiempat dari kertas.
a. Dengan
menggunakan model bangun tersebut serta kertas berpetak siku-siku, siswa
diintruksikan untuk menyelidiki:
1) Banyaknya
sisi berhadapan sejajar
2) Sudut
suatu bangun siku-siku atau tidak
b. Dengan
menggunakan suatu model bangun, siswa diminta untuk melipat model bangun
tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menemukan sumbu simetri. Selanjutnya
siswa diinstruksikan untuk menyelidiki banyaknya sumbu simetri yang dimiliki
oleh suatu bangun.
c. Melipat
model tersebut pada diagonalnya, kemudian menempatkan yang satu di atas yang
lain. Siswa diminta menyelidiki banyaknya pasangan sudut berhadapan yang sama
besar.
d. Memotong
objek yang berdekatan, kemudian menempatkan salah satu sisi potongan pertama
berimpit dengan salah satu sisi potongan yang kedua. Siswa diminta untuk
menyelidiki apakah sudut yang berdekatan membentuk sudut lurus.
e. Memotong
semua pojoknya dan menempatkan potongan-potongan tersebut sedemikian rupa
sehingga menutup bidang rata. Selanjutnya siswa diminta untuk menyelidiki
apakah keempat sudut itu membentuk sudut putaran.
1) Siswa
diintruksikan untuk mengukur panjang sisi-sisi suatu segiempat.
2) Siswa
diintruksikan untuk mengukur diagonal suatu segi empat.
3. Aktivitas
yang dilaksanakan pada fase 3 (Penjelasan)
Siswa
diberi bermacam-macam potongan segiempat. Mereka diminta untuk mengelompokkan
segiempat berdasarkan sifat-sifat tertentu, seperti:
a. Segiempat
yang mempunyai sisi sejajar
b. Segiempat
yang mempunyai sudut siku-siku
c. Segiempat
yang mempunyai sisi sama panjang
4. Aktivitas
yang dilaksanakan pada fase 4 (Orientasi Bebas)
dengan
menggunakan potongan segitiga, siswa diminta untuk membentuk segiempat, dan
menyebutkan nama segi empatyang telah terbentuk.
Siswa
dibimbing untuk menyimpulkan sifat-sifat segiempat tertentu, seperti:
a.
Sifat persegi
b.
Sifat persegi panjang
c.
sifat belahketupat
d.
Sifat jajargenjang
e.
Sifat layang-layang
f. Sifat trapesium
18 February 2014
wisuda uns
| 05:57
Alur Wisuda PGSD UNS Surakarta
Pengen wisuda? Lewati dulu ini... |
Beres-beres file di lepi, akhirnya nemu deh file ini, mau dibuang sayang siapa tahu ada yang membutuhkan. Sebelumnya saya ucapkan selamat dulu kepada teman-teman yang sudah melewati masa-masa sulit Skripsi. Saya akui juga memang skripsi itu butuh perjuangan ekstra keras untuk bisa melaluinya. Namun jalan masih panjang, untuk mencapai wisuda. Khususon untuk adik-adik tingkatku PGSD UNS Surakarta. Nah untuk memudahkannya maka berikut ini saya share langkah demi langkah yang harus ditempuh setelah ujian skripsi sampai akhirnya wisuda.
Yah meskipun menurut saya juga agak ribet juga, karena panjangnya/ banyaknya tangga yang harus didaki. hehe Pesan saya buat adik-adik penerusku, jalani saja semua dengan senang hati. Keep Smile :) Justru ini semua-lah yang akan jadi kenangan manis mengiringi kesuksesan kita nantinya.
Langsung saja berikut alur/ tata cara yang harus ditempuh setelah ujian skripsi sampai Wisuda, monggo:
1. Setelah
Sidang, revisi
2. ACC
revisi kemudian skripsi dijilid 6 (buat sendiri, pembimbing 1, pembimbing 2,
perpustakaan PGSD, Perpustakaan FKIP).
3. Setelah
dijilid mintakan tanda tangan Dekan FKIP , sampai saat tulisan ini di publish masih Pak Furqon di gedung F.
4. Skripsi
yang sudah di tandatangani dimintakan stempel di loket 1 gedung F.
5. Ubah
skripsi ke PDF kemudian di burning 5 (pak hasan, pembimbing 1, pembimbing 2,
perpus FKIP, Perpus pusat).
6. Artikel
jurnal dalam bentuk pdf di burning 1 diserahkan ke Sekretaris PGSD, dulu Pak Hasan.
7. Minta
nilai ke Pak Hasan dengan menyertakan surat permohonan transkrip nilai (yang di
download ketika mau ujian skripsi dan sudah di tanda tangani oleh PA). Pak
Hasan menyerahkan nilai ujian skripsi jumlahnya 2.
8. Minta
Transkrip nilai dan pin ke Pak Eko TU dengan menyertakan 1 nilai ujian skripsi
dari pak hasan dan surat permohonan transkrip nilai, 1 nilai ujian skripsi dari
pak hasan disimpan sendiri. Pin jadinya satu hari.
9. Setelah
dapat pin langsung online di http://wisuda.fkip.uns.ac.id
. Isi form pendaftaran wisuda, selanjutny cetak, total jumlahnya 21 lembar.
10. Mengumpulkan
Skripsi ke pak sulis di TU
11. Membuat
surat bebas perpustakaan PGSD, mintakan tanda tangan Pak Sugeng Perpus dengan
menyertakan kartu perpustakaan yang besar dan skripsi yan sudah di tandatangani
pak sulis.
12. Mengumpulkan
skripsi ke perpustakaan PGSD, mengembalikan kartu perpustakaan yang besar.
13. Semua
berkas-berkas yang ada tanda tangan PA, Dosen pembimbing 1 & 2, Kaprodi dimintakan
tanda tangan.
14. Minta
legalisir EAP di gedung UPT P2B rangkap 5 per lembar Rp 1.000,-
15. Mintakan
tanda tangan transkrip nilai ke PA, Kaprodi, Ketua Jurusan. (dalam format
transkrip nilai yang dari kampus belum ada mengetahui kepala jurusan ilmu
penidikan yaitu kalau belum ganti Pak R. Indianto, jadi dibuat dibawah sendiri).
Kemudian di fotocopy 10.
16. Transkrip
nilai di stempel di gedung E, masih satu lokasi dengan kantor Ketua Kaprodi,
dulu pak R. Indianto.
17. Gedung
F di loket 2 surat yudisium dan permohonan ijazah dimintakan tanda tangan pak
Sajidan dengan melampirkan:
a. Transkrip
nilai yang sudah di stempel
b. Foto
4 x 6 hitam putih
18. Jika sudah mendapatkan tanda tangan pak
Sajidan surat yudisium di fotocopy 7 dan permohonan ijazah di fotocopy 5.
Kemudian dimintakan stempel di loket 1 dan mintakan nomor di loket 2.
19. Gedung
F surat bebas beasiswa menemui pak pardi di loket 2 (lewat pintu dalam) minta
tanda tangan/ paraf Pak Pardi, kemudian minta tanda tangan pak Amir Fuady.
20. Surat
bebas beasiswa yang sudah di tanda tangani PD III, dulu Pak Amir Fuady di
fotocopy 5, mintakan nomor dan stempel di loket 3 dengan melampirkan fotocopy
surat yudisium dan surat permohonan ijazah.
21. Mintakan
tanda tangan surat bebas perpustakaan FKIP. Sebelumnya mintakan tanda tangan ke
Pak Marnoto/ Pak Sumarsono di loket 2. Kemudian ke perpustakaan FKIP minta
tanda tangan pak Sukamto dengan menyertakan:
a. 3
surat tanda terima penyerahan skripsi
b. 3
surat bebas beasiswa
c. 7
surat bebas perpustakaan dan penyerahan skripsi
d. 1
surat bebas perpustakaan PGSD
e. Skripsi
f. Soft
file skripsi
g. Membayar
Rp 2.000,-
Kembali ke gedung F di bagian
pendidikan (loket 1 lewat dalam) mintakan tanda tangan Bu Yuni.
22. Mengurus
surat bebas perpustakaan dan penyerahan skripsi di perpustakaan pusat UNS
dengan menyertakan soft file skripsi. Ingat Soft file sktipsi ini harus ada
scan tanda tangan pak dekan atau dalam lembar pengesahan. Kemudian surat bebas
perpus dan penyerahan skripsi dari perpus pusat UNS di fotocopy rangkap 5.
23. Mengurus
surat bebas kopma di kantor kopma dengan menyertakan fotocopy surat yudisium
yang sudah di stempel dan membayar administrasi Rp 2.000,-
24. Fotocopy
surat bebas kopma sebanyak 5.
25. Fotocopy
surat keterangan yang ada tanda tangan PA dan pak Hadi sebanyak 5.
26. Mengumpulkan
berkas dimasukkan dalam stopmap bendel 1, bendel 2, bendel 3 di loket 2.
27. Jika
sudah verifikasi data bendel 1, bendel 2 dan bendel 3 dikembalikan ke mahasiswa
dan dapat kwitansi bank BNI.
28. Membayar
wisuda ke bank BTN, saya dulu Rp 250.000,-
29. Membayar
wisuda ke bank BNI saya dulu Rp. 385.000,- dengan no rekening 0034105164.
*Merasa mahal? Jangan khawatir, nanti saat pengembalian toga ada Cash
Back kok. Saya dulu Rp. 100.000,- :D
30. Fotocopy
kwitansi BTN dan BNI sebanyak 2.
31. Kembali
ke gedung F di loket 2 mengumpulkan bendel 1, bendel 2, bendel 3 dengan
menyertakan fotocopy kwitansi bank BTN dan kwitansi kuning bank BNI.
32. Bendel
3 dikembalikan ke mahasiswa.
34. Mengumpulkan
bendel 3 ke BAA (depan sekretariatan SPMB UNS) dengan menyertakan biodata yang
di download dan kwitansi dari BTN.
35. Selamat,
akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga.. :D
"Berakit-rakit kita ke hulu, berenang kita ke tepian. Gag papa ribet dulu, yang penting terima SK duluan. Hehe.."
Terimakasih banyak untuk sahabat-sahabatku yang dulu ikut bersusah payah untuk
melewati ini semua.
Terimakasih juga untuk catatannya ini yang sangat membantu,
gag tahu dulu yang nulis pertama kali siapa. Pokoke maturnuwun nggih. :)