Minggu, 26 Juni 2011

Pengertian dan Tujuan Pembelajaran CTL

1.      PENGERTIAN
Menurut Nur Hadi CTL adalah konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa.
Menurut Jonhson CTL adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk menolong para siswa melihat siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka.
Jadi pengertian CTL dari pendapat para tokoh-tokoh diatas dapat kita simpulkan bahwa CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Sistem CTL mencakup delapan komponen berikut ini:
a.       Membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna
b.      Melakukan pekerjaan yang berarti
c.       Melakukan pembelajaran yang diatur sendiri
d.      Bekerja sama
e.       Berpikir kritis dan kreatif
f.       Membantu individu untuk tumbuh dan berkembang
g.      Mencapai standar yang tinggi
h.      Menggunakan penilaian autentik

2.      TUJUAN
a.       Model pembelajaran CTL ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk memahami makna materi  pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari sehingga siswa memiliki pengetahuan atau keterampilan yang secara refleksi dapat diterapkan dari permasalahan kepermasalahan lainnya.
b.      Model pembelajaran ini bertujuan agar dalam belajar itu tidak hanya sekedar menghafal tetapi perlu dengan adanya pemahaman.
c.       Model pembelajaran ini menekankan pada pengembangan minat pengalaman siswa.
d.      Model pembelajaran CTL ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat berfikir kritis dan terampil dalam memproses pengetahuan agar dapat menemukan dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.
e.       Model pembelajaran CTL ini bertujuan agar pembelajaran lebih produktif dan bermakna
f.       Model pembelajaran model CTL ini bertujuan untuk mengajak anak pada suatu aktivitas yang mengkaitkan materi akademik dengan konteks kehidupan sehari-hari.
g.      Tujuan pembelajaran model CTL ini agar siswa secara individu dapat menemukan dan mentrasfer informasi-informasi komplek dan siswa dapat menjadikan informasi itu miliknya sendiri.
Hal-hal yang diperlukan untuk mencapai sejumlah hasil yang diharapkan dalam penerapan pendekatan kontekstual adalah sebagai berikut :
1.      Guru yang berwawasan
Maksudnya yaitu guru yang berwawasan dalam penerapan dan pendekatan.
2.      Materi dalam pembelajaran
Dalam hal ini guru harus bisa mencari materi pembelajaran yang dijiwai oleh konteks yang perlu disusun agar bermakna bagi siswa.
3.      Strategi metode, teknik belajar dan mengajar
Dalam hal ini adalah bagaimana seorang guru membuat siswa bersemangat belajar yang lebih konkret, yang menggunakan realitas, lebih aktual, nyata/riil, dsb.
4.      Media pendidikan
Media yang digunakan dapat berupa situasi alamiah, benda nyata, alat peraga, film nyata yang mana perlu dipilih dan dirancang agar sesuai dan belajar lebih bermakna.
5.      Fasilitas
Media pendukung pembelajaran konstektual seperti peralatan, dan perlengkapan, laboratorium, tempat praktek dan tempat untuk melakukan pelatihan perlu disediakan.
6.      Proses belajar dan mengajar
Hal ini ditujukan oleh perilaku guru dan siswa yang bernuansa pembelajaran kontekstual yang merupakan inti dari pembelajaran kontekstual.
7.      Kancah pembelajaran
Hal ini perlu dipilih sesuai dengan hasil yang diingikan.
8.      Penilaian
Penilaian/evaluasi otentik perlu diupayakan karena pada pembelajaran ini menuntut pengukuran prestasi belajar siswa dengan cara-cara yang tepat dan variatif, tidak hanya dengan pensil atau paper test.
9.      Suasana
Suasana dalam lingkungan pembelajaran kontekstual sangat berpengaruh karena dapat mendekatkan situasi kehidupan sekolah dengan kehidupan nyata dilingkungan siswa.

1 komentar:

cah cla-10 mengatakan...

mampir-mampir., :))

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India