Kamis, 23 Juni 2011

Makalah Perkembangan Nilai, Moral dan Sikap Anak

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
      Antara pengetahuan dan tindakan ternyata tidak selalu terjadi korelasi positif yang tinggi (Surakhmad,1980:9). Misalnya, seorang individu yang pada waktu tertentu melakukan perbuatan tercela ternyata melakukannya hal itu tidak selalu karena ia tidak mengetahui bahwa perbutan itu tercela, atau tidak sesuai dengan norma norma masyarakat.           
      Berbuat Sesuatu secara fisik adalah satu bentuk tingkah laku yang mudah dilihat dan diukur. Tetapi tingkah laku tidak hanya terdiri atas perbuatan yang tampak saja. Di dalamnya tercakup juga sikap mental yang selalu mudah ditanggapi, kecuali tidak langsung, misalnya melalui ucapan atau perbuatan yang diduga dapat menggambarkan sikap mental tersebut. Bahkan secara tidak langsung pun ada kalanya cukup sulit untuk menarik kesimpulan yang teliti.
      Hal tersebut inilah yang mendasari saya untuk menjadikan masalah ini sebagai salah satu obyek penelitian saya katika saya melakukan observasi di SD N 1 Kuwayuhan, Kebumen.

B. Rumusan Masalah
  1. Apa makna nilai dan moral itu? Dan bagaimanakah hubungannya antara nilai-nilai dan moral?
  2. Bagimanakah karakteristik nilai, moral dan sikap?
  3. Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi perkembangan nilai, moral dan sikap?
  4. Bagaimanakah upaya mengembangkan nilai, moral dan sikap remaja?
Nah bagi sobat yang tertarik dan membutuhkannya silahkan download ajah disini.
Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India