Learning to Know, to do, to be & to live together| ©Sudarsono

Rabu, 04 Juli 2012

Susu Halal: Raih Esokmu, Tentramkan Batinmu


Susu: Raih Esokmu

Susu

          Mendengar kata “SUSU” maka yang terlintas di pikiranku adalah segelas cairan berwarna putih dan kaleng. Lhoh, kok bisa kaleng ya.?? Yaps, karena saya mulai mengenal, sadar dan ingat bahwa saya mengkonsumsi susu formula adalah dengan susu kaleng kental manis. Susu kental manis dengan gambar bendera berwarna biru putih yang terdapat lambang jantung di sela-selanya. Itulah “Susu Bendera”, susu kental manis yang sangat melegenda hingga kini. Susu kental manis yang mengingatkanku pada masa 12an tahun yang lalu atau tepatnya pada saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tumpukan kaleng-kaleng bekas “Susu Bendera” menghisasi salah satu sudut rumahku. Kaleng-kaleng yang melengkapi indahnya masa kecilku. Kadang saya susun dan jadi sasaran lempar bola dengan teman-temaknu. Kaleng yang saya gunakan untuk menggulung senar saat bermain layang-layang. Kaleng-kaleng yang dengan memberi sedikit lubang menjadi celengan, dengan imajiku bisa menjadi telpon-telponan, dengan mengaitkan tali bisa menjadi egrang mini. Maupun yang sering digunakan kakakku untuk membuat tempat pensil, dan bahkan tak jarang pula saya sulap jadi panci yang digunakan untuk membuat gulali.

        Indahnya saat itu. Saat yang sangat asyik untuk dikenang, dimana kedua orang tuaku masih sanggup memberikan aku susu setiap hari, walaupun itu dilakukannya dengan susah payah. Yah, meski aku bukan terlahir dari keluarga yang mapan namun aku sangat bersyukur memiliki kedua orang tua seperti ayah dan ibuku. Yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, yang selalu mendorongku untuk menyambut hari esokku yang lebih baik. Ada salah satu peristiwa yang hingga saat ini masih melekat jelas dalam ingatanku hingga saat ini. Saat itu saya duduk di kelas 4 dan sedang mengikuti pesantren kilat yang diadakan di Sekolahku. Pesantren kilat yang kalau tidak salah diadakan 3 hari 2 malam. Kejadian tersebut terjadi sesaat setelah berbuka, dan waktu itu saya sedang berada di ruang kelas yang digunakan untuk tidur. Sedang asyik ngobrol dengan temanku, tiba-tiba saya dipanggil teman saya yang baru saja masuk ruangan tersebut.

     “Hey dar, kamu dicari ibumu tuh.!”. Dengan sedikit keraguan saya pun lantas menjawab, “Iya po? Dimana.?. Tanpa basa basi temaku langsung menjawab, “Iya, tuh di depan ruang kantor”. Saya pun langsung bergegas menemui ibuku, yang ternyata memang benar dan ia datang bersama kakakku. Terlihat BBW 75 (Bebek Biru Warnanya) yang selalu setia menemani kepergian keluargaku, sudah terparkir di samping ruang kantor guru. Dengan sedikit senyuman khasnya kemudian ibuku menyodorkan sebotol susu. Susu yang masih terasa hangat yang dimasukkan dalam botol bekas air mineral yang masih baru. Sebuah cerminan betapa besarnya kasih sayang seorang ibu yang sangat peduli dengan kondisi kesehatan dan perkembangan anaknya. Sebagai informasi saat itu saya sudah mulai belajar berpuasa sehari penuh. Maklum sebelumnya saya hanya puasa setengah hari, yang di daerahku lebih dikenal dengan nama “Poso Mbedug” alias Puasa Bedug. Puasa yang ketika bedug berbunyi atau menandakan waktu sholat dzuhur telah tiba maka sudah boleh makan, dan nanti melanjutkan puasa lagi sampai magrib. Yah itulah cara kedua orang tuaku untuk melatih saya berpuasa.

       Meskipun kedua orang tuaku tidak tamat Sekolah Dasar, namun saya salut pada orang tuaku. Mereka seperti tau apa yang dibutuhkan anak dalam perkembangannya salah satunya yaitu ditunjukkan dengan memberikan aku susu setiap hari. Walaupun kadang juga hanya segelas sehari, namun semua itu perlu disyukuri. Meski saya yakin bahwa sebenarnya orang tuaku juga tak mengerti kandungan dan manfaat susu secara khusus atau secara lebih spesifik, namun setidaknya fakta telah berbicara. Mungkin bukti-bukti pengalaman dengan anaknya yang terdahulu (kakakku) merupakan alasan kedua orang tuaku selalu mengusahakan untuk memberiku susu. Karena Alhamdulillah mereka (kakak-kakakku) bisa dibilang sukses dalam prestasi di sekolahnya. Tiga orang kakak perempuan yang selalu siap sedia membimbing serta mengajariku saat aku menemui kesulitan dalam belajar.

       Dan harapan itupun akhirnya tidak saya sia-siakan, terbukti saya bisa menjadi lulusan terbaik di sekolah dasar tersebut, dengan sebagian besar menjadi juara kelas di setiap tahapan kelasnya. Hingga tak terasa kini saya juga telah berada di puncak studiku dalam menempuh gelar sarjana di salah satu pergurun tinggi negeri di kota Solo. Tanpa bermaksud untuk menyombongkan diri, itulah mungkin sedikit kisah masa kecilku, yang mungkin dapat memberikan inspirasi.

     Dari pengalaman itulah saya menyadari betapa penting dan besarnya manfaat yang terkandung dalam susu bagi tubuh kita. Bahkan susu telah disebutkan dalam Al Qur’an, diantaranya dalam surat Al Mu’minun [23:21] yang artinya kurang lebih:
“Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian darinya kamu makan”. (QS. Al Mu'minun:21)
Selain ayat di atas juga masih ada lagi dalam Surat An-Nahl [16:66] yang artinya kurang lebih:
“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya”. (QS. An-Nahl:66)
Seiring dengan kemajuan jaman, kegunaan atau manfaat susu bagi tubuh kini telah diteliti oleh banyak ahli dari berbagai penjuru dunia. Hingga saat ini telah banyak fakta-fakta yang menarik mengenai susu, seperti yang telah dipublikasikan para ahli dalam jurnal-jurnal ilmiahnya. Beberapa fakta tentang susu yaitu:
1. Susu kaya akan antibiotik alami dan baik untuk segala usia.
2. Minum susu ternak diketahui dapat melindungi kesehatan anak terhadap asma dan demam (fever)
3. Susu justru mencegah diabetes, mencegah hipertensi dan kanker.
4. Susu coklat efektif untuk merampingkan tubuh atau diet dengan susu coklat.
5. Panjang umur dengan rajin minum susu.
6. Susu merupakan salah satu makanan yang dapat membantu orang melupakan rokok, dll.
* Ulasansecara lengkap mengenai fakta-fakta di atas serta manfaat bagi kesehatan dan nilai gizi mengenai susu dapat anda baca di website resmi susu bendera http://www.frisianflag.com.
    
Fakta Tentang Otak Anak

      Meskipun susu baik untuk segala usia, namun sebenarnya ada saat-saat dimana hal tersebut akan memberikan efek yang sangat besar. Seperti diketahui bahwa manusia memiliki tahapan-tahapan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam proses tumbuh kembang tersebut terdapat masa-masa kritis, atau sering juga disebut usia emas (golden age) yaitu antara 0-6 tahun. Dimana otak saat itu memproduksi lebih dari triliunan neuron dan synap-synap (hubungan antar sel otak) yang sangat dibutuhkan. Untuk mendukung perkembangan itulah maka diperlukan nutrisi yang tepat untuk otak, salah satunya yaitu nutrisi yang terkandung dalam susu. Sehingga sangatlah penting sangat penting pada usia emas ini karena hal ini akan sangat berpengaruh pada saat dewasa nanti. Maka untuk para orang tua, persiapkanlah masa depan anak anda sedini mungkin!

         
Halal: Tentramkan Batinmu

Begitu besarnya manfaat susu bagi tubuh kita sehingga mendorong manusia untuk lebih berfikir kreatif dan inovatif. Berfikir bagaimana susu yang cair tersebut dapat bertahan lama, dapat kita konsumsi kapan saja, tanpa takut basi dan kehilangan kandungan gizinya. Beranjak dari pemikiran itulah maka hingga saat ini telah banyak bermunculan produk inovasi susu, baik yang siap minum, kental manis maupun dalam bentuk bubuk. Selain itu susu juga diolah menjadi berbagai produk seperti: mentega, yogurt, es krim, keju, dan lain-lain. 

       Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini telah banyak sekali inovasi-inovasi yang berkaitan dengan produk susu. Memang kadang suatu inovasi itu perlu agar kita tidak bosan terhadap susu. Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa inovasi tersebut dilakukan untuk menghasilkan produk yang lebih baik dan seharusnya tidak akan merusak atau mengurangi nilai dari bahan utamanya. Seperti kita ketahui bahwa saat ini banyak produsen-produsen susu yang banyak menawarkan inovasi dalam produknya, entah itu dari jenisnya maupun kandungan zat yang terdapat dalam susu tersebut.

Lalu apakah produk olahan susu tersebut juga Halal dan sehat untuk dikonsumsi? Mengingat bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan tersebut adalah susu, maka produk olahannya pun secara logika juga baik untuk dikonsumsi, selama makanan tersebut masih layak atau belum kadaluarsa. Namun perlu diingat juga bahan-bahan pelengkap dalam pembuatan produk olahan susu inovasi tersebut, apakah terdapat barang-barang yang berbahaya bagi kesehatan ataupun tidak. Sebagai seorang muslim perlu diingat juga apakah terdapat unsur-unsur yang di kharamkan oleh Allah SWT. Sebagaimana kita ketahui masalah halal dan haram bagi umat muslim adalah sesuatu yang sangat penting, yang menjadi bagian dari keimanan dan ketaqwaan. Perintah untuk mengkonsumsi yang halal dan larangan menggunakan yang haram sangat jelas dalam tuntunan agama Islam. 
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”. (QS Al Baqarah:168).
Sedangkan untuk makanan haram, setidaknya Allah SWT telah memperingatkan kita tentang makanan haram ini dalam tiga suratnya, yakni Surat Al Baqarah: 173 seperti yang saya cantumkan di bawah ini, kemudian Surat Al Maidah: 3 dan Surat Al An'am: 14. 
“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu  bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. tetapi Barangsiapa dalam Keadaan terpaksa (memakannya) sedang Dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS Al Baqarah:173)
Dalam ketiga ayat tersebut secara tegas melarang dan mengkharamkan mengkonsumsi babi. Lalu apa hubungan babi dan susu?
Untuk diwaspadai bahwa pada akhir-akhir ini, banyak produk-produk yang didalamnya mengandung bahan-bahan yang haram (termasuk susu) dimakan atau dikonsumsi bagi kaum Muslimin. Produk-produk tersebut banyak sekali kita jumpai di tengah-tengah kita, yang lebih parahnya lagi dalam produk tersebut tanpa melabelkan bahan-bahan haram dalam komposisinya. Inilah yang menyebabkan kita sebagai umat Muslim dapat terjebak dalam mengkonsumsi produk-produk haram tanpa sepengetahuan kita. Termasuk salah satu bahan haram yang sering digunakan tersebut adalah produk turunan babi.

Saat ini produk turunan babi telah banyak dimasukkan dalam berbagai produk makanan, kosmetik hingga obat-obatan. Produk turunan yang sering digunakan tersebut adalah lemak babi. Seperti contohnya adalah dalam produk susu,  campuran sosis (sausage), mentega atau mentega buatan, penyedap masakan, campuran lemak sapi (tallaw), lemak putih (shortening), serta dalam obat-obatan terutama sebagai pembungkus kapsul.
Meskipun yang tercantum dalam beberapa ayat Al-Qur’an hanya daging saja, tetapi hukumnya mencakup seluruh bagian organnya, termasuk tulang dan bulunya. Karena itu, kaum muslimin harus waspada  terhadap produk-produk tersebut, sebab keharamannya sama seperti keharaman Babi. Mungkin dalam hati anda maupun saya sering bertanya-tanya, "Mengapa saya harus makan dan minum yang halal? Salah satu alasan lain mengapa kita makan dan minum dari yang dihalalkan oleh Allah SWT adalah dari manfaatnya yang besar bagi kita antara lain:

1). Membawa ketenangan hidup dalam kegiatan sehari-hari,
2). Dapat menjaga kesehatan jasmani dan rohani,
3). Mendapat perlindungan dari Allah SWT,
4). Mendapatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT,
5). Tercermin kepribadian yang jujur dalam hidupnya dan sikap apa adanya,
6). Rezeki yang diperolehnya membawa barokah dunia akhirat.
     *dikutip dari makalah makanan halal dan haram oleh Noorsetyanugroho.

Subhanallah, betapa besar imbalan yang diberikan oleh Allah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Oleh sebab itu marilah kita senantiasa mengkonsumsi makanan serta minuman yang halal untuk mendapatkan ketentraman batin serta rahmat-Nya. Cermatlah dalam memilih produk makanan, minuman (susu), kosmetik serta obat-obatan.
.

Bagaimana cara memilih susu inovasi yang sehat dan halal?

          Setelah bercerita panjang lebar, ngalor ngidul maka berikut saran saya dalam pemilihan produk susu inovasi yang sehat dan halal.

1.    Yang pertama dan utama adalah pilihlah produk susu yang telah tersertifikasi halal dari lembaga yang berwenang. Karena kita sedang di Indonesia maka lembaga yang berwenang tersebut adalah LP POM MUI. Sebuah produk yang telah lolos sertifikasi biasanya akan mencantumkan sertifikat halal dari MUI dalam kemasan produknya.


Pastikan ada logo Halal MUI yang asli
         Cermati logonya, logo yang asli seperti pada gambar di bawah ini!

Logo dan sertifikat  Halal MUI


2.    Pilihlah produk yang sudah terpercaya dan mengandung zat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, gizi lengkap dan seimbang. Dalam hal ini saya merekomendasikan produk-produk dari PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) yang telah memimpin industri susu nasional selama 90 tahun. Jika anak atau saudara anda ada yang masih dalam tahapan emas maka saya sarankan untuk mengkonsumsi susu Frisian Flag 123-456 atau lebih dikenal juga dengan nama susu bendera.
  
   
   Frisian Flag 123 456 merupakan Inovasi susu pertumbuhan pertama di Indonesia dengan kandungan Isomaltulosa untuk gizi lengkap dan seimbang. Yang telah terbukti secara klinis memberikan manfaat yang positif terhadap kinerja kognitif anak seperti konsentrasi dan daya ingat si kecil. Untuk info lebih lanjut mengenai apa itu Isomaltulosa dan manfaatnya dalam mempengaruhi kinerja kognitif anak dapat anda baca selengkapnya disini dan disini.

Minum susu dan bermain imajinasi bersama Robi
(Robi: Boneka Singa hadiah dari Susu Bendera/ FFI)
   
    
    Akhir kata, seperti pepatah bahwa “Tak ada gading yang tak retak”, maka untuk itulah saya mohon koreksi dari sahabat pengunjung blog ini jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun terjemahan Ayat-ayat suci Allah SWT dalam postingan ini. Saran dan kritik yang membangun saya tunggu di form komentar di bawah. :)




--Bismillahirrahmanirahim--
“Tulisan ini saya ikut sertakan dalam LOMBA BLOG: Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan Anak. Yang diselenggarakan untuk memasyarakatkan susu yang berinovasi dan Halal untuk pertumbuhan anak, serta memeriahkan acara Indonesia Halal Expo 2012 (INDHEX 2012) pada tanggal 5 - 8 Juli 2012 di SMESCO Exhibition Hall, yang diselenggarakan oleh Frisian Flag bekerja sama dengan LP POM MUI dan BLOGdetik.




Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. Berjuang untuk menang gan.... http://banksoal-matematika.com/susu-halal-dan-sehat-untuk-pertumbuhan-anak-tercinta.html

    BalasHapus
  2. akirnya ikut juga, semoga sukses ya... kalo dapat sisamsung lagi, boleh tuh yang lama dilempar ke aku...

    BalasHapus
  3. Ayo berjuang bersama.!
    @mbak widha: Iya ni mb, walo amburadul.. :D
    Eh gak si samsul aja yg dilempar mb.?

    BalasHapus
  4. artikel nggo melu lomba yo? mg brasil yow mas bro....

    BalasHapus
  5. I'm really enjoying the design and layout of your website.
    Qassim & QU

    BalasHapus